Akibat Derasnya Curah Hujan, Tiga Kecamatan di Bandung Barat Alami Longsor

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SENIN, 12 SEPTEMBER 2022.

BANDUNG BARAT, JABAR | Curah hujan yang deras dan terus mengguyur di sejumlah wilayah ,termasuk Kabupaten Bandung Barat ,telah menyebabkan bencana alam tanah longsor terjadi di Tiga Kecamatan,Bandung Barat, pada hari Minggu, (11/9/2022).

Bacaan Lainnya

Informasi bencana alam longsor tersebut diketahui dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Bandung Barat ,terjadi di tiga kecamatan diantaranya, adalah wilayah Lembang, Ngamprah, dan Cipatat.

Menurut Kepala BPBD Kab. Bandung Barat bernama Duddy Prabowo menjelaskan, bahwa adanya satu rumah yang berada di Kampung Sukamekar ,RT 03, Rw 10, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, rusak akibat tanah longsor. Akibat dari curah hujan yang sangat deras, dalam waktu beberapa jam, rumah Warga tersebut terdampak longsor dan berpenghuni delapan orang di dalamnya.

Dan ternyata bangunan tersebut berdiri di atas tanah yang labil, akibatnya disaat hujan deras saat Itupun rumah tersebut langsung terdampak tanah longsor tersebut .

Untuk antisipasi hal – hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi,maka keluarga dan barang – barang yang kiranya berharga, oleh korban di ungsikan sementara waktu ke rumah kerabat atau keluarganya

Dilain lokasi tersebut ,diketahui pula bahwa dampak hujan deras inipun terjadi di Tembok Penahan Tanah (TPT) Perumahan The Awani Residence, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah,Bandung Barat, terpantau ambruk akibat dari luapan air sungai Cihaur . Akibatnya jalan di lingkungan tersebut, sepanjang 10 m pun amblas. Dan pihak pengembangpun akhirnya menurunkan alat berat ,yaitu berupa excavator guna memperbaiki jalan amblas tersebut dan kembali mengnormalisasi sungai tersebut.

Kemudian Ia memaparkan, bahwa hujan dengan intensitas tinggi tersebutpun telah menyebabkan tebing jalan longsor sepanjang 8 m dan 3 meter di Kecamatan Cipatat,Bandung Barat.

Akibat dari longsor tersebut juga ,otomatis mengganggu akses jalan di kawasan tersebut, karena sebagian awak badan jalan telah terkikis oleh longsoran. Dan Pihak terkait dan bersama warga setempatpun akhirnya bersama-sama untuk bergotong royong membersihkan material longsor dan korban yang terdampak bencana longsor tersebut sementara ini mengungsi ke rumah kerabatnya terlebih dahulu.

Kiranya juga pada Warga Masyarakat,khususnya wilayah Bandung Barat, agar senantiasa dapat waspada dan Hati-hati terhadap potensi bencana alam yang terjadi kapanpun .

Saat ini memang cuaca sedang ekstrem,dan musibah bisa datang kapan saja. Oleh sebab itu, kiranya seluruh Warga di wilayah Rawan longsor agar tetap waspada terhadap potensi bencana alam yang dapat menimpa kapanpun, dimanapun, dan siapapun.(tutup)

NARASUMBER : GEMA JABAR. PEWARTA : H JEJEN. EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan