Akibat Hujan Deras Puskesmas Peunaron dan Fasilitasnya di Wilayah Kec. Peunaron Terendam Banjir

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | RABU, 9 MARET 2022.

PEUNARON, ACEH TIMUR | Akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Peunaron telah membuat Puskesmas di Peunaronpun serta fasilitasnya ikut terendam banjir ,pada hari Selasa malam ,(8/3/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala Uptd Puskesmas Peunaron Usman S. Kep mengatakan kepada Awak media ini,bahwa” kebanjiran di Puskemas Peunaron kali ini adalah banjir yang paling parah,dan belum pernah terjadi sejak Puskesmas Peunaron di bangun,”ungkapnya.

Menurutnya, penyebab kebanjiran di Puskesmas Peunaron tersebut
disebabkan adanya sebuah dreanase / gorong – gorong di jalan Perlak Lokop depan Puskesmas Peunaron yang rusak (pecah) dan sudah bertahun-tahun tidak di perbaiki oleh Dinas PUPR pemerintah Aceh. Dan fungsi dreanase tersebut adalah untuk pembuangan air,akibat kerusakan tersebut, maka airpun menggenangi di sekitar halaman Puskesmas Peunaron dan sekitarnya,”jelasnya.

Disaat hujan deras,maka air hujan yang turun dari bukit dan sekeliling Puskemas bermuara pada saluran dreanase / gorong-gorong yang rusak tersebut, sehingga arus air hujan tersumbat oleh sampah yang tidak tertampung lagi oleh dreanase tersebut,”ungkapnya.

Pada akhirnya air pun naik meluap kedalam bangunan Puskesmas yang merendam mess petugas Puskesmas Peunaron, ruang isolasi, tempat tidur pasien , kursi dan printer komputer yang ada di Puskesmas Peunaron tersebut.
Jelas nya

Usman mengatakan kepada awak media ini saat konfirmasi, bahwa” Saya akan segera berkordinasi dengan Muspika Kecamatan Peunaron terkait pembersihan dreanase/ gorong-gorong tersebut,”ujarnya .

Karena untuk membersihkan dreanase tersebut ,membutuhkan alat berat berupa beko, sedangkan Kita tidak memiliki alat berat tersebut, “ujar Usman .

Usman berharap kepada Dinas PUPR Aceh atau Pimpinan Proyek Jalan Perlak Lokop Segmen Satu (1) ,agar dapat membantu alat berat berupa beko utuk membersihkan dreanase/ gorong-gorong yang rusak tersebut.

Agar kedepannya tidak terulang lagi kebanjiran seperti ini di Puskesmas Peunaron, apalagi memang dreanase yang rusak itupun posisinya termasuk dalam pekerjaan proyek Jalan Perlak Lokop Segmen Satu (1) tersebut, “tutup Usman.

NARASUMBER PEWARTA : BUKHARI MUSLIM MH.IINEWS ACEHTIMUR. EDITOR RED : LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan