Akibat Longsor Susulan Satu Rumah Ambruk, Kepala Desa Ciptagumati, Bandung Barat, langsung terjun ke Lokasi kejadian.

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | RABU, 9 NOPEMBER 2022.

BANDUNG BARAT, JABAR |Longsor adalah Tanah yang bergeser dan menyebabkan erosi tanah dan kemudian terjadilah longsor. Erosi merupakan pengikisan tanah yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus lereng tanah. Air yang menggerus lereng-lereng ini akhirnya bertambah curam dan menjadi penyebab longsor. Itu adalah contoh dari penyebab bagaimana longsor bisa terjadi.

Bacaan Lainnya

Dan musibah longsor telah terjadi hingga  longsor susulan, di Kampung Tagog, Rt 02/03, Desa Cipatagumati, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, sekitar Pukul 15:00 Wib, pada Hari Minggu (06/11/2022).

Dari kejadian longsor ini tidak ada korban jiwa, akan tetapi salah satu rumah milik warga ambruk, hingga mengakibatkan salah seorang anak (14)terjatuh pingsan ,karena kaget dan mengalami trauma karenanya.

Menurut Kepala Desa Ciptagumati, bernama Tedi Irawan, saat di konfirmasi awak media ini ,bahwa beliau telah dalam meninjau langsung ke lokasi kejadian  longsor, tersebut.

Longsor susulan terjadi disaat pihaknya sedang melaksanakan proses pengerjaan bantuan pemasangan bronjong oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, yang di awasi Tokoh Ketua Rw, Bhabinkamtibmas dan Kadus setempat ,”ungkapnya.

Dan kejadian longsor tersebut sudah langsung Kami laporkan, agar di ajukan ke pihak Pemerintah Kecamatan Cikalong Wetan, yang di dukung oleh Tagana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Bandung Barat, “ujar Kepala Desa Tedi Irawan menjelaskan.

Dan Alhamdulillah,”lanjutnya ,karena dalam kejadian musibah longsor  tersebut tidak ada korban jiwa , ataupun luka-luka, dikarenakan sebelumnya penghuni rumah sudah dipindahkan terlebih dahulu dan hanya mengalami kerugian materi saja,” Pungkas Tedi Irawan.

Harapannya kepada warga Masyarakat, di musim penghujan ini ,agar dapat lebih mawas diri dan hati-hati, karena kejadian alam yang tidak terduga bisa menimpa Kita semua, kapanpun,dan dimanapun, untuk menghindari kejadian tersebut,hanya dengan mawas diri , dan berhati-hati serta pihaknya pun  tetap akan memantau sekitar lingkungan wilayahnya tersebut. (Red)

NARASUMBER / PEWARTA : JUNA /DIEN IINEWS JABAR EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan