Akses Jalan di Wilayah Desa Mekarjaya, Bandung Barat mengalami Longsor, hingga Menutup Badan Jalan

  • Whatsapp

INFOINDONESIAINEWS.COM | BANDUNG BARAT, JABAR – Memasuki musim penghujan, beberapa daerah rentan mengalami bencana tanah longsor. Oleh karenanya perlu untuk mengetahui pengertian, penyebab, dampak, dan mitigasi bencana ini.

Tanah longsor terjadi ketika gaya mendorong pada lereng melebihi gaya tahanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan tahanan meliputi sifat batuan dan kepadatan tanah, sementara gaya dorong dipengaruhi oleh sudut kemiringan lereng, beban, volume air, dan berat jenis tanah dan batuan.

Berbagai faktor tambahan, seperti kondisi batuan dan tanah, curah hujan, struktur geologi, dan penggunaan lahan di lereng, juga berperan. Penyebab tanah longsor dapat dikategorikan sebagai faktor alam dan faktor manusia.

Untuk itu Warga Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap bencana yang sewaktu – waktu  bisa mengancam nyawa Kita. Karena mengingat wilayah Bandung Barat adalah termasuk wilayah rawan longsor.

Begitupun yang telah terjadi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, terpantau untuk akses jalan di Desa ini telah tertutup longsor . Dari Lebak Leungsir hingga Nuara Cipada , yang  mengakibatkan 5 (Lima) unit rumah mengalami rusak berat, kejadian tersebut pada hari Jumat, (26 April 2024).

Kepala Desa Mekarjaya  Obar Sobarna, S.IP menyampaikan, bahwa”  Kami bersama-sama pihak terkait serta Warga Masyarakat bergotong royong, dan bahu membahu untuk membersihkan materia l longsoran tanah yang menutupi badan jalan di Desa Mekarjaya,” ungkapnya.

Lanjutnya ” longsor terjadi di empat titik yang telah menyebabkan terisolirnya Warga Masyarakat Desa Mekarjaya, dan  peristiwa tersebut telah mengakibatkan 5 unit rumah warga alami rusak berat, dan 3 unit rumah berada di wilayah Rt. 003 , Rw. 018 , Desa Mekarjaya, Kec. Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat,”pungkasnya.

NARASUMBER PEWARTA: DEDE  S. EDITOR RED: LIESNAEGHA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan