Berkat Kerjasama semua Pihak,atas Pencarian Orang Tenggelam di Waduk Saguling, Desa Sarinagen, KBB , akhirnya Korban telah Ditemukan

  • Whatsapp

INFOINDONESIAINEWS.COM | BANDUNG BARAT, JABAR – Sebelumnya telah dilaporkan perihal kejadian Orang tenggelam di wilayah perairan Waduk Saguling, berdasarkan informasi laporan dari Babinsa Desa Sarinagen, Staff Desa Sarinagen, dan MP Kecamatan Cipongkor, pada hari Senin, (05/02/2024), Pukul 08.00 Wib .

Disampaikan bahwa telah terjadi orang tenggelam di genangan perairan waduk Saguling , Kp. Ciangkrong, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor , Kabupaten Bandung Barat , yang di perkirakan tenggelam pada hari Minggu malam, Pukul 21.00 Wib , saat mencari ikan.

Disebutkan awal kejadian nya, bahwa pada Pukul 21.00 Wib , Minggu, 04 Februari 2024 , korban atas nama Jenal (42 tahun) menyeberang menuju tengah perairan Saguling dengan menggunakan sampan untuk melakukan kegiatan menangkap ikan menggunakan jaring.

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun dari pihak keluarga bahwa, korban biasa pulang dari kegiatan menangkap ikan pada hari yang sama pada dini hari, namun pada saat itu korban tidak kunjung pulang.

Kemudian dari kejadian tersebut pada pagi hari Senin, 05 Februari 2024 keluarga korban berinisiatif mencari keberadaan korban dirumah-rumah saudaranya dan tetangganya, Namun keluarga tidak dapat menemukan korban.

Maka, untuk memastikan keberadaan korban, pada Pukul 10.00 Wib Keluarga korban melaporkan kepada aparatur pemerintah setempat dan masyarakat sekitar untuk diteruskan kepada tim BPBD KBB.

Selanjutnya, sambil menungggu Tim SAR, aparatur Pemerintah setempat, maka Masyarakatpun berinisiatif mencari korban di lokasi perairan Saguling , Kp. Ciangkrong tersebut.

Dan, nampak bahwa ada sampan dan sepatu boot korban ditemukan di pinggir Kolam Jaring Apung (KJA) ±100 meter dari daratan di perairan Kp. Ciangkrong. Diketahui pula bahwa dari informasi pemilik-pemilik KJA , bahwa Beliau tidak mendapati korban naik keatas KJA selama semalaman.

Maka, atas dasar tersebutlah dugaan sementara, korban diperkirakan tenggelam di sekitar KJA. Dan hingga saat itulah pencarian korban masih berlangsung bersama aparat kewilayahan dan Masyarakat.

Setelah menerima laporan tersebut dan melakukan pemeriksaan validitas informasi, serta berkordinasi dengan pihak aparat kewilayahan desa,maka Polsek, Koramil dan Kecamatan Cipongkor juga dengan Pihak Dishub Prop Jabar LLASD Saguling, di lanjut lapor ke pihak Tim BASARNAS yang saat ini sedang meluncur.

    Diketahui pula korban bernama Jenal (43) tinggal di Kp. Ciangkrong, Rt 02/ Rw 08, Desa Sarinagen , Kec. Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Yang melaporkan kejadian saat itu adalah Istrinya korban bernama Inayah.

    Kemudian, pada hari ini Selasa 6 Februari 2024 jam 09.20, pencarian orang yang tenggelam pun dilanjutkan, menginjak hari ke 2 pencarian dilakukan di Aliran bendungan Saguling, Kp ciangkrong , RT 02 , RW 08, Desa Sarinagen , Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat.

    Tim yang tergabung dalam pencarian tersebut dari BPBD 2 personil, Tim Basarnas 6 personil, Koramil Sindangkerta/Babinsa, Polsek Sindangkerta/Binmas, Aparat kewilayahan Desa dan Kecamatan, serta Masyarakat sekitar.

    Selanjutnya fokus pencarian kembali pada fokus titik awal , yaitu ketika perahu yang di pergunakan oleh korban, dan juga di sekitar Area sejauh 500 mtr.menyampaikan informasi dari Babinsa dan keluarga korban tenggelam atas nama bpk Jenal warga kampung ciangkrong desa sarinagen kecamatan Cipongkor sekitar jam 21.00 wib telah muncul kepermukaan dalam keadaan meninggal. Korban muncul tidak jauh dari titik perkiraan titik awal sampan yang di pakai oleh korban dekat dengan jaring apung saat ini proses pengangkatan sedang di lakukan oleh tim Basarnas berikut masyarakat aparat kewilayahan.
    Titik penemuan dari darat kurang lebih saratus meter.korban langsung di evakuasi oleh tim gabungan dibawa kerumah duka oleh pihak keluarga.

    Selanjutnya, menurut informasi yang disampaikan kepada awak media bahwa keluarga korban tenggelam atas nama Jenal, warga Kampung Ciangkrong , Desa Sarinagen , Kecamatan Cipongkor, sekitar Pukul 21.00 Wib telah muncul kepermukaan dan mirisnya sudah dalam keadaan meninggal dunia.

    Korban muncul tidak jauh dari titik perkiraan titik awal sampan yang di pakai oleh korban dekat dengan jaring apung.

    Dan saat ini proses jenazah Korban sedang di lakukan oleh tim Basarnas berikut masyarakat aparat kewilayahan.


    Titik penemuan dari darat kurang lebih saratus meteran dan korbanpun langsung di evakuasi oleh tim gabungan, dibawa kerumah duka oleh pihak keluarga.

      Terimakasih kepada Instansi terkait yang telah bersama – sama melakukan pencarian salah seorang Warga yang tenggelam ini. Berkat kerjasamanya akhirnya jenazah dapat dketemukan.

      Instansi Terkait yang terlibat dalam pencarian diantaranya: Basarnas Bandung, Dishub Provinsi Jabar, BPBD Bandung Barat, Aparatur Pemerintah Desa setempat, Babinsa, Babinmas setempat, serta Warga setempat.

        Narasumber Pewarta: Aki Ridwan/
        Rudi Wibiksana. Editor Red : LiesnaEgha.

        Pos terkait

        Tinggalkan Balasan