BPBD Jabar Melaporkan Progres Pemadaman Kebakaran TPA Sarimukti dengan Water Bombing di hari ke-10. Api di Zona 1 Dikabarkan telah Padam

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SENIN, 28 AGUSTUS 2023.

BANDUNG BARAT, JABAR | Kejadian Kebakaran di TPA Sarimukti, hingga kini masih menjadi perhatian berbagai pihak, dan upaya pemadaman juga menurut informasi yang dihimpun oleh awak media masih berlanjut. Senin,(28/08/2023).

Upaya untuk pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti menurut informasi kini telah memasuki hari ke-10. Dan progresnya itu sendiri telah dilaporkan, bahwa titik api di zona 1 sudah mulai padam. Dan yang membuat sulit dipadamkan dalam kebakaran TPA Sarimukti tersebut adalah api yang berada di dalam gunungan sampah tersebut, karena adanya kandungan gas metan yang dihasilkan dari sampah itu sendiri.

Kemudian di hari ke-10 pemadaman api di permukaan , maupun di dalam gunungan sampah zona 1 TPA Sarimukti dinyatakan sudah padam, sedangkan untuk di zona 2, 3, dan 4, api di permukaan tumpukan sampah telah berhasil dipadamkan. Sementara pada bagian di bawahnya, api masih belum dapat dikendalikan, sehingga masih menimbulkan kepulan asap di sekitar lokasi kebakaran TPA Sarimukti.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyebutkan , bahwa pada hari Senin (28/8/2023) , siang pemadaman dengan helikopter telah selesai dilakukan untuk pemadaman dengan 112 ribu liter air yang digunakan untuk water bombing , dan water Bombing tersebut dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada Pukul 09.30 Wib sampai Pukul 11.30 Wib.

Water bombing dengan air ini menurut informasi bersumber dari Bendungan Cirata , yang difokuskan pada zona 2 dan 3, selanjutnya dua unit ekskavator, satu unit loader , dan satu dump truk, yang terus bekerja untuk mendukung upaya pemadaman di TPA Sarimukti, Bandung Barat. Selanjutnya, kabar baik pun telah di sampaikan oleh BPBD Jabar , bahwa pemadaman di permukaan zona 2,3, dan 4 kini telah mencapai 90 % , dan di bagian bawahnya telah mencapai 40 %.

Upaya pemadaman telah dilakukan bersama – sama oleh tim gabungan, terdiri dari BPBD Jabar, Damkar, BNPB, dan TNI-Polri, serta unsur masyarakat , dan lainnya. Serta selain itu pula, telah dilakukan beberapa kegiatan yang dilakukan, untuk menangani warga yang terdampak kebakaran TPA Sarimukti tersebut, yaitu dengan mendirikan Posko Kesehatan yang telah didirikan di Kantor Desa Sarimukti oleh Dinkes Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kesdan III Siliwangi, dan Dokpol Polres Cimahi. Demikian informasi yang dihimpun untuk saat ini terkait terjadinya kebakaran di TPA Sarimukti, di Bandung Barat.

NARASUMBER PEWARTA: BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) JAWA BARAT / AGUS H. EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan