Camat Serbajadi Meminta Dinas Terkait Kab. Aceh Timur untuk Tinjau Kerusakan Lingkungan ,Dampak dari Galian – C di Kec. Serbajadi.

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | KAMIS, 07 JULI 2022.

SERBAJADI ,ACEH TIMUR | Pada hari Rabu tepatnya pada Tanggal 06/07/22,Camat serbajadi meminta Dinas terkait untuk  tinjau Abrasi di Serbajadi. PPTK Proyek Jalan Perlak Lokop Gayo Lues Segmen 3 yang telah siap, kembali mengalami Kerusakan Lingkungan akibat Galian C.

Bacaan Lainnya

Camat Serbajadi Kabupaten Aceh Timur bernama Taupiq Hidayat, meminta Dinas terkait ,agar meninjau Abrasi di Sungai Dangla Ds.Ujung Karang, Kec.Serbajadi, Kab, Aceh Tmur. (05/07/22).

Menurut Camat Taupiq Hidayat beliau menerima laporan/aduan dari masyarakat saat Mereka semua meninjau ke lapangan bersama-sama dengan  Muspika Serbajadi untuk mengecek langsung ke lokasi di Ujungkarang pada Hari  Jum’at (30/07/22).

Masyarakat menjelaskan,bahwa “penyebab Abrasi tersebut di sebabkan dari tingginya curah hujan yang membuat sungai banjir serta disebabkan adanya dua (2) Galian C yang beroperasi dengan mengambil Batu dan Pasir di hulu dan hilir sungai Dangla tersebut,”ungkap sejumlah Warga setempat.

Dampak dari galian C tersebut,membuat sungai menjadi  terkeruk dalam, sehingga mengakibatkan terjadinya  Abrasi,dan masyarakat tidak mengetahui siapakah  pemilik dan nama pemilik kedua Perusahaan galian C tersebut”,Jelas Camat Serbajadi,saat di konfirmasi oleh awak media ini .

Camat serbajadi berharap, kepada Dinas terkait ,agar segera turun untuk meninjau kelapangan secepatnya,karena menurutnya (Camat Taupiq Hidayat) Abrasi tersebut berpotensi merusak Kampung dan lahan Sawah tempat Masyarakat bercocok tanam ,dan benar-benar harus segera di tangani”, ungkapnya.

Menurut keterangan Khairul Ketua dari PPTK Proyek Multiaers,ketika di konfirmasi oleh awak media ini,pada (06/07/22),membenarkan adanya sebuah Galian C milik Proyek Jalan Perlak Lokop Segmen tiga (3) yang sedang beroperasi di Pucuk Sungai tersebut, tepatnya di Ds.Lelis, Kec.Serbajadi.

Mereka melakukan penggalian Batu dan pasir untuk kebutuhan materil pembangunan proyek Multiaers Jalan Perlak Lokop Segmen tiga (3).

Khairul mengaku,bahwa “bila ada Kerusakan Lingkungan Akibat Galian C, dari pihak Perusahaan, siap bertanggung jawab untuk mengembalikan kerusakan dan kerugian masyarakat yang di sebabkan dampak dari Galian tersebut”,Ungkapnya.

“Saya harap masyarakat jangan meributkan dahulu hal ini, karena Saya juga akan segera menyampaikan kepada Pimpinan Perusahaan, agar dapat mengembalikan dan memperbaiki kerusakan Lingkungan yang rusak tersebut  akibat galian C “,lanjutnya.

“Kita bekerja juga membangun Jalan untuk masyarakat, bila bermasalah  bisa- bisa proyek  pembangunan Jalan Perlak Lokop Segmen 3  tersebut di hentikan/tertunda ,itu akan merugikan “,Pungkasnya.

Khairul berharap dukungan dari masyarakat, agar pembangunan Jalan perlak Lokop  dapat  terselesaikan dengan tepat waktu,”pungkasnya (tutup).

NARASUMBER/PEWARTA: BUKHARI MUSLIM IINEWS ACEH TIMUR . EDITOR RED : DIEN /LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan