Dalam Rangka HUT ke-3 Paguyuban Pasundan Papua, Warga Sunda Papua Ciptakan Perdamaian di Bumi Cenderawasih

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SENIN, 13 NOVEMBER 2023.

PAPUA | Dalam rangka mempersatukan warga Pasundan di Papua, diharapkan para warga sunda Jawa Barat yang ada tersebar di perantauan tanah Papua, hendaknya selalu menjaga tali silahturahmi, serta bergandengan tangan dan bersatu untuk mencapai suatu tujuan, selain mengurus kesibukannya dalam kegiatan perekonomian sehari-harinya.

Disampaikan Ketua Umum Paguyuban Pasundan Papua bernama M. Iriyanto Pawika dalam sambutannya saat kegiatan rutin tahunan yaitu Memperingati Ulang Tahun ke-tiga Paguyuban Pasundan Papua yang Bertemakan “WARGA SUNDA PAPUA CIPTAKAN PERDAMAIAN DI BUMI CENDERAWASIH, kemudian sub tema KUDU PAHEUYEUT HEUYEK LEUNGEUN , PAANTAY ANTAY PANANGAN, yang Artinya : Harus berpegangan tangan dan bergandengan tangan,” ungkapnya. Minggu, (12/11/2023).

Tujuan daripada HUT kali ini , yaitu untuk membangun kembali Persatuan dan Kesatuan warga masyarakat Sunda , mengaktifkan segala bentuk kegiatan positif warga masyarakat sunda , meningkatkan kreatifitas generasi muda ,dan membangun mental generasi muda, serta melestarikan nilai budaya bangsa. Dan hal ini pun telah dilakukan selama 3 tahun dengan mengajak generasi muda turut aktif dalam melatih bela diri pencak silat cimande, dan latihan bidang seni budaya juga Pembinaan Pertanian Perkebunan di Lokasi Agrowisata Kp. Pasundan di Arso 14 , Kab Keerom ,” ujarnya kembali M. Iriyanto Pawika.


Dalam kegiatan ini pula telah Pengukuhan 3 orang warga kehormatan Pasundan Papua yaitu : Dr. Kenius Kogoya M.Si., William Frans Ansanay dan M. Darwis Masi., SE. Disampaikanlah Harapannya , bahwa setelah di kukuhkan, maka Kami bisa menjadi keluarga dan saudara dunia akhirat. Di mana ke tiga warga kehormatan tersebut sudah sangat dekat selama ini bersama dengan warga Sunda yang berada di Papua ,maupun di Jawa Barat.


Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia penyelenggara kegiatan bernama Nunung menyampaikan pesan ” terima kasih kepada Pemerintah Propinsi Papua yang telah membantu fasilitas gedung Aula di lantai 9 Kantor Gubetnur Papua yang megah, dan baru dibangun ini , yang merupakan kebanggaan bagi warga Kota Jayapura. Tak lupa juga ucapan terimakasih yang tak terhingga atas sumbangan warga Pasundan Papua, baik secara moril maupun spirituil,”ucapnya Nunung.


Dalam kesempatan Acara ini juga dihadiri oleh para pimpinan dari instansi Pemerintah TNI/POLRI dan Forkom Lintas Kerukunan Nusantara, serta Paguyuban Paguyuban Kerukunan di kota Jayapura.

Dtambahkan oleh Iriyanto bahwa ” selama 3 tahun ini banyak kegiatan program yang dilakukan Paguyuban bersama warga dari tahun pertama merintis, yaitu melaksanakan pembangunan tugu kujang pasundan di Ringroad Jayapura serta pembentukan Angkatan Muda Siliwangi ( AMS) dan Pembinaan Pencak silat di beberapa tempat dan pembangunan padepokan sebanyak 4 Unit di kota Jayapura dan Sentani, serta di Arso 12. Kemudian pembukaan lahan pertanian perkebunan di Agrowisata Arso 14 kab.Keerom seluas 160 Ha yang dikelola warga Sunda .

Di Acara kegiatan inipun Pejabat Gubernur Papua yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Utama Snalis Kebijakan Yoseph menyampaikan bahwa kondisi Papua yang majemuk ini perlu adanya kekompakan dan kerjasama para paguyuban diharapkan saling mendukung program Pemerintah baik di Provinsi maupun di daerah kabupaten kota


Mengharapkan para ketua paguyuban nusantara agar membawa kedamaian terkhusus dalam tahun politik agar tidak terbawa arus yang menjerumuskan kita keranah hukum .


Sebelum ditutup , beliau mengucapkan selamat merayakan Ulang Tahun Paguyuban Pasundan Papua ketiga dan Sukses atas mandat yang diberikan utk ketua DPW Provinsi Papua Pegunungan semoga selalu eksis dan aktif membangun citra dan mental yang baik untuk terus menjaga silahturahmi agar organisasi ini menjadi hidup lebih nyaman kepada warganya.

NARASUMBER PEWARTA: KETUM PAGUYUBAN PASUNDAN PAPUA. EDITOR RED: LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan