Diduga ada Permainan dalam Rotasi Jabatan di Pemkab Bandung Barat, dan kini Dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | KAMIS, 11 MEI 2023.

JAKARTA | Beredar kabar adanya permainan dalam rotasi jabatan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat. Dugaan itu kini dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami warga Bandung Barat mendorong upaya penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan KPK atas laporan kami terkait terjadinya korupsi Rotasi, mutasi dan promosi,” kata Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat Bilal Al Fariz melalui keterangan tertulis, Kamis, 11 Mei 2023.

Fariz menjelaskan dugaan permainan rotasi jabatan itu dilakukan oleh pejabat tinggi di Pemkab Bandung Barat. Dia menyebut ASN juga bisa loncat pangkat jika memenuhi maupun memberikan sejumlah permintaan.

“Dari eselon 4A ke eselon 3B, seperti dari Kasi atau Subag ke jabatan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Kepala Bidang (Kabid). padahal tidak boleh dari eselon 4A langsung ke eselon 3A,” ucap Fariz.

KPK diharap mengklarifikasi dugaan ini kepada sejumlah pejabat yang berkaitan dengan persetujuan rotasi jabatan ini. Salah satunya Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti keberadaan laporan itu. Namun, dia menjelaskan praktik korupsi dalam rotasi jabatan masih kerap terjadi di sejumlah wilayah.

“Memang KPK pernah menangani perkara-perkara tipikor terkait rotasi jabatan. Di beberapa daerah itu, kepala daerah minta sejumlah uang untuk mengisi jabatan tertentu seperti kepala dinas dan lainnya,” ucap Asep saat dikonfirmasi.

Asep meminta masyarakat melapor jika menemukan adanya dugaan permainan rotasi jabatan di wilayahnya. KPK memastikan bakal menindaklanjuti semua aduan yang masuk.

“Kalau ada pelaporan ke dumas (pengaduan masyarakat) kita tunggu saja. Pastinya nanti ditindaklanjuti,” kata Asep.

Dilansir :

[]https://rm.id/baca-berita/nasional/171445/disebut-minta-uang-buat-rotasi-jabatan-bupati-bandung-barat-hengki-kurniawan-dilaporin-ke-kpk

[]Dugaan Adanya Permainan Rotasi Jabatan di Bandung Barat Dilaporkan ke KPK https://medcom.id/s/0kpM5DRK?utm_source=share_mobile&utm_medium=share_whatsapp&utm_campaign=share

NARASUMBER PEWARTA: AGA/ CANDRA YURI NURALAM. EDITOR RED IINEWS: LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan