Dikerjakan Secara Swadaya, Jembatan Tingginambut Jalan Trans Papua Wamena-Mulia KM 179 yang Amblas Telah Dilalui Kendaraan

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com |SELASA,25 OKTOBER 2022.

Mulia, Puncak Jaya | Kabupaten Puncak Jaya yang beribukota Mulia yang berada di ketinggian 2.000 mdpl. Sebagai wilayah pegunungan, keberadaan jalan Trans Papua sebagai penghubung wilayah pegunungan dari Wamena – Mulia sepanjang kurang lebih 190 km. Dengan dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, ruas jalan Trans Papua khususnya yang berada dalam wilayah Puncak Jaya dari Kota Mulia menuju Distrik Nume yang berbatasan dengan Kabupaten Tolikara telah diaspal dengan diperkeras aspal hotmix.

Bacaan Lainnya

Ruas jalan Trans Papua Wamena-Mulia sebagai akses satu satunya menuju Kota Mulia sering putus akibat rusaknya (amblasnya) jembatan rangka baja tipe C bentangan 32/36 m dalam wilayah Kabupaten Puncak Jaya, paling terakhir amblasnya jembatan sungai tingginambut km 179 (19/10) yang sebelumnya juga terjadi hal yang sama, amblasnya jembatan sungai gurage Km 161 (13/10). Seringnya amblas jembatan rangka baja ini disebabkan oleh kayu landasan yang lapuk serta diduga jenis kendaraan truck yang Overdimensi dan Overload (ODOL).

Sebagai rasa tanggung jawab, untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan akses transportasi, tanpa menunggu Balai PUPR yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan jalan dan jembatan ruas trans papua ruang jalan Wamena-Mulia, masyarakat setempat, rekanan, didukung TNI-POLRI yang dikoordinir Pemerintah Daerah, secara swadaya memperbaiki jembatan Kali Tingginambut KM 179 dan Jembatan Gurage KM 161, perbaikan dalam waktu singkat dan saat ini telah bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Masyarakat setempat sangat berharap jembatan ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan berharap mencari solusi agar landasannya tidak sering rusak/patah, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti terperosoknya kendaraan ke dalam sungai. Harapan masyarakat sedapat mungkin landasannya menggunakan plat baja atau dibangun jembatan baru dengan konstrusi landasan beton, mengingat jembatan rangka baja tipe C saat ini berusia sekitar 20 tahun. Selain itu juga masyarkat berharap Dinas Perhubungan dapat menertibkan truck ODOL.

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos. SIP. MM, dalam Apel Gabungan senin (24/10) menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas PUPR Yeki Telenggen, SSTP, Para Kepala Bagian Setda dan seluruh staf serta rekanan PT. Modern Widya Technical, PT. Nikita, Masyarakat dan Anggota TNI-POLRI atas kerja keras dan dukungannya, sehingga jembatan yang rusak yaitu jembatan Tingginambut dan Gurage dapat dituntaskan dalam waktu 3 hari dan saat ini telah dapat dilalui oleh kendaraan.

Narasumber : Kominfo/MS. Pewarta : AA. Editor Red : Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan