IiNews dan Karang Taruna Squad’08 serta Warga gelar Makan bersama (PAPAJAR) Sambut Ramadhan 1444 H

  • Whatsapp

INFOINDONESIA – MARGAJAYA, BANDUNG BARAT,JABAR| Jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, puluhan warga di Kp.Ciburial Sumber 04/08, Desa Margajaya,Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat,melaksanakan tradisi menikmati  acara makan bersama yang kerap disebut”Papajar” di atas daun pisang, Sabtu Sore (18/3/2023).

Makan nasi timbel dengan berbagai macam hidangan menu Sunda merupakan salah satu tradisi Jawa Barat yang dilakukan bukan hanya untuk menjaga tali persaudaraan, namun juga kegiatan tahunan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Dengan lauk pauk yang sederhana seperti nasi urap, ikan asin, kerupuk dan lalapan yang dipadukan sambal cabai, dll menjadi teman makan nasi liwet yang sangat menggugah selera.

Salah seorang warga bernama Ibu Yani menyatakan, Kita selalu melakukan secara rutin setiap tahunnya acara ini, karena kegiatan tahunan yang dilakukan warga memberikan rasa kebersamaan antara orang dewasa dan anak-anak saat melakukan santapan yang telah dihidangkan di atas daun pisang,”ungkapnya.

Rangkaian kegiatan ngaliwet bareng adalah merupakan rangkaian program IiNews untuk kegiatan rutin bersama warga setahun sekali, biasanya dilakukan jelang bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, agar dapat menjaga tali persaudaraan,” ujar Pimred IiNews Liesnaega.

Makan bersama juga jadi ruang untuk berkomunikasi dan menjalin relasi antar anggota, kelompok masyarakat” ia menyambung. “Tradisi ini terus dilestarikan sehingga tidak sekadar jadi bagian dari adat istiadat, tapi telah jadi bagian dari kehidupan modern masyarakat Indonesia dalam bentuk, makna, dan istilah yang berbeda-beda.”pungkasnya.

Terimakasih kepada segenap Tokoh, Warga, dan Karang Taruna Squad’08 yang berperan dalam kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar, semoga Kita semua dapat menjalankan Kewajiban Ibadah Puasa Bulan Suci Ramadhan dengan lancar, Amiinn Yra.(Red)

NARASUMBER PEWARTA: HENDRA/BONI IINEWS JABAR. EDITOR RED: LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan