Inspektorat Provinsi gelar Bimtek Pembekalan Terhadap Desa Anti Korupsi di Aula Desa Laksamekar, Bandung Barat

  • Whatsapp

INFOINDONESIANEWS.COM | JUM’AT , 29 DESEMBER 2023.

BANDUNG BARAT, JABAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Desa Laksanamekar, Bandung Barat yaitu dengan predikat Desa Anti Korupsi. Yang dilaksanakan pada hari Kamis , 21 Desember 2023, selanjutnya dari tim Inspektorat Provinsi tersebut melakukan kunjungan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pembekalan atas Desa Anti Korupsi bagi Desa Laksanamekar.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi tersebut, adalah salah satu upaya untuk memberikan Pembinaan , Pembekalan untuk Pemerintah Desa, BPD, LPMD, Kader juga Karang Taruna yang bertempat di aula Desa Laksanamekar, dan upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, khususnya di tingkat Desa . Jum’at , (29/12/2023).

Agus Achmad Setiawan,SE,S.IP,MM sebagai Camat Padalarang mengapresiasinya dengan menyampaikan selamat kepada Pemerintah Desa Laksanamekar, atas prestasinya yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Desa Anti Korupsi yang pertama kali sepanjang sejarah di Kabupaten Bandung Barat.

Kami semua mengucapkan selamat kepada Desa Laksanamekar yang telah menjadi salah satu Desa percontohan anti korupsi , dimana Desa Laksanamekar adalah Desa yang pertama kali mendapatkan penghargaan tersebut di Kabupaten Bandung barat,” ucapnya Agus Achmad.

Harapan Kami dari Pemerintah Kecamatan, untuk Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, bahwa dengan adanya status Desa Anti Korupsi ini , maka akan menjadi pegangan bagi Desa Laksanamekar, karena itu semua akan menjadi tugas yang berat, memang berat, tapi seberat apapun, Saya yakin Pemerintah Desa Laksanamekar bisa melaksanakan dan bisa mengimplementasikan menjadi Desa anti korupsi untuk seterusnya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Laksanamekar Abdul Qahar Muzakar mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan pembekalan dari inspektorat Provinsi.

Kegiatan hari ini adalah merupakan pembekalan dari inspektorat provinsi kepada Desa yang telah mendapatkan penghargaan Desa anti korupsi pamekaran untuk Desa Laksanamekar tentang Desa anti korupsi, Mudah-mudahan Kita bukan hanya di level Desa anti korupsi , serta mudah-mudahan sesuai kenyataan yang ada di lapangan,” ungkapnya Abdul Qahar Muzakar yang kerap disapa dengan sebutan Pak Qohar.

Sebetulnya kegiatan ini sudah dilaksanakan cuma lebih di akuratkan lagi, maka Kita juga akan mengadakan rapat bulanan dengan perangkat Desa, rakor bulanan dengan BPD, LPMD dan rapat koordinasi dengan lembaga Masyarakat RT dan RW di wilayah, dan juga untuk keterbukaan informasi publik Desa Laksanamekar sangat transparan dengan memasang Baliho APBDES di Desa,”jelasnya.

Kita biasa menyimpan Baliho APBDES per triwulan, kalau pertahun Kita buat dilapangan, dan untuk Masyarakat , sebelum Kita melaksanakan kegiatan pisik biasanya Kita menggelar rapat dalam setiap pelaksanaan, yaitu Pertama untuk membahas besar anggaran, dan berapa jumlah panjang kegiatan, Kedua Kita mengadakan sertifikasi hasil pengerjaan selama ini di Desa Laksanamekar,” Ungkapnya.

Untuk kritik dan saran menurut Kades Kohar, Desa Laksanamekar menyimpan kotak di Desa dan itu masih berjalan hingga saat ini. Dan tidak itu saja kritik, saran, untuk Desa ini masih berjalan, Alhamdulillah kemarin dibuka saat rakor yang menjadi kritik sekarang itu, yaitu tentang keadaan Kantor Desa, Masyarakat menginginkan bahwa Kantor Desa harus di benahi, Insyaallah Mudah-mudahan di tahun 2024 Kita dapat mengarahkan anggaran untuk rehab Kantor Desa dari Dana Desa sebesar 10 persen,” ujarnya kembali.

Kemudian, Kepala Desa Laksanamekar Qohar menghimbau dan selalu mengingatkan untuk perangkatnya, agar kerja lebih optimal sebagai pelayan Masyarakat.

Untuk perangkat Desa semuanya, Saya mohon agar dapat kerja lebih optimal , dan yakin bahwa Kita sebagai pelayan Masyarakat, dan untuk Masyarakat, apabila ada keluhan silahkan datang ke Desa untuk menyelesaikan tulisannya , dan silahkan masukkan di kotak saran,” pungkasnya Kepala Desa Abdul Qahar Muzakar.

NARASUMBER PEWARTA: A.C. EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan