Inspirasi akan Terapkan Program di Kabupaten Bandung Barat

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | MINGGU, 16 OKTOBER 2022.

BANDUNG BARAT, JABAR | Dinas Pendidikan akan terus melakukan pembenahan pada berbagai domain dalam upaya mendorong kemajuan pengelolalaan pendidikan, terutama pemberian pelayanan optimal terhadap peserta didik, termasuk masyarakat. Demikian disampaikan Asep Dendih, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat melalui Dadang A. Sapardan, Kepala Bidang PSD kepada tim Inspirasi.

Bacaan Lainnya


“Kami akan terus melakukan terobosan dan pembenahan pada berbagai domain dalam upaya mendorong kemajuan pengelolalaan pendidikan,” ungkap Dadang saat menerima audiensi tim Inspirasi di ruang Kabid PSD, Kamis (13/10).


Dalam pengelolaan persekolahan terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian utama dari setiap pemangku kepentingan, yaitu manajemen pengembangan sekolah, manajemen pembelajaran, dan peran serta masyarakat/pemangku kepentingan.

Ketiga domain tersebut, bila terus didorong untuk dapat diimplementasikan oleh setiap sekolah, dimungkinkan akan menjadi pemicu perbaikan pengelolaan pendidikan pada arah yang selama ini diharapkan.

Upaya ke arah sana harus terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk mendapat suport dari pihak eksternal, di antaranya suporting daru Inspirasi yang merupakan NGO dengan konsentrasi pada bidang pendidikan.


“Seluruh pemangku kepentingan harus mendorong domain kunci keberhasilan pendidikan,” papar Dadang yang didampingi Cucu Rosmawati, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Wika Karina D., Fungsional Kurikulum.


Dalam paparannya, Iin Rachmawati dari Inspirasi menyampaikan bahwa Inspirasi merupakan NGO yang menjadi bagian dari jaringan Global School Leaders (GSL). GSL merupakan kumpulan program yang berfokus pada kualitas kepemimpinan pendidikan seperti yang diimplementasikan di India, Malaysia, Brazil, dan Kenya.

Untuk di Indonesia, Inspirasi sudah dilaksanakan pada beberapa kabupaten/kota, yaitu Karawang, DKI Jakarta, Pemalang, Tegal, dan Sumbawa Barat Daya.

Guna meluaskan jangkauan wilayah, Inspirasi akan meluaskan jaringan, program Inspirasi diharapkan dapat diimplementasi di di Kab. Bandung Barat sebagai salah satu kabupaten yanh diproyeksikan sebagai wilayah pengembangan program.


“Sebagai bagian dari pengembangan program, Inspirasi bermaksud mengembangkannya di Bandung Barat,” ucap Iin.


Di lain pihak Ari Subekti, masih dari Inspirasi menyampaikan bahawa Inspirasi akan menerapkan lima program utama. Kelima program utama itu diharapkan dapat menampilkan sosok kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat memicu perkembangan kualitas pendidikan. Kepala sekolah merupakan pemimpin di sekolah sehingga kebijakan yang diambilnya sangat strategis dalam pemajuan pendidikan.


“Kepala sekolah merupakan leader yang sangat strategis dalam mendorong pemajuan pendidikan,” ungkap Ari Subekti.


Pihak Dinas Pendidikan sangat berterima kasih kepada Inspirasi yang memiliki perhatian besar untuk turut serta memajukan pendidikan di Kab. Bandung Barat, terutama pendidikan jenjang SD.
Hasil pertemuan akan didiskusikan lagi pada level Dinas Pendidikan, sahingga akan ditemukan teknis implementasinya.


“Kami sangat berterima kasih kepada Inspirasi. Hasil pertemuan ini akan disampaikan kepada pimpinan dan akan dibahas pada level kami,” pungkas Dadang****

NARASUMBER : DISDIK KBB/KABID SD DADANG.S. PEWARTA /EDITOR RED IINEWS : LIESNAEGA .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan