Kepala Lapas Kelas II A Salemba & Kanwil Kumham DKI Jakarta Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan & Rehabilitasi Tanggapi Viralnya Vidio di Medsos

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SELASA, 20 SEPTEMBER 2022.

JAKARTA | Sudah Sejak Pukul 6.00 WIB Kanwil Kumham DKI Subdit Inspektorat Bidang Bahan Makanan (BAMA) berada di Lapas Kelas IIA Salemba lakukan Pengawasan ketat dikarenakan Viralnya pemberitaan di media sosial dan di beberapa media online di Jakarta gegara jatah ” NASI CADONG” yang tidak lengkap lauk pauknya.
Perlu diketahui dalam pasal 14 huruf d Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan, bahwa narapidana berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan makanan yang layak. Dalam Penyelenggaraan pelayanan makanan bagi narapidana dan tahanan harus memperhatikan aspek kualitas bahan makanan, aspek kebutuhan gizi, aspek pengolahan dan penyajian makanan.

Bacaan Lainnya

Sebuah video yang viral memperlihatkan nasi cadong atau jatah makanan untuk narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @jadetabek.info, terlihat beberapa tempat makan untuk para narapidana hanya berisi satu porsi nasi tanpa lauk dan sayur.
“Saya cukup tersiksa dengan kondisi cadong di sini, hampir setiap hari cadong yang saya dan teman-teman terima cuma nasi putih aja, paling cuma satu atau dua ompreng yang isinya lengkap, tapi selebihnya nasi gak ada lauk pauk dan sayur,” demikian suara keluhan yang ada dalam unggahan di akun @jadetabek.info, dikutip pada Selasa (20/9/2022).

Kepala Lapas Kelas IIA Salemba Yosafat Rizanto menepis kabar pemberitaan itu adalah tidak benar yang mana disebutkan bahwa makanan yang diterima warga binaan pemasyarakatan (WBP) hanya nasi tanpa lauk.
Pihak Lapas Salemba ternyata sengaja memisahkan tempat nasi dan lauk untuk narapidana.Pembagian makanan setiap harinya sudah memenuhi prosedur operasi standar (SOP).Pemberitaan Yang dimuat di media sosial dan sempat diviralkan di media sosial itu tidak benar dan pihak kami dan dari Inspektorat Kumham DKI lebih jauh nya akan segera menyelidiki serta memproses sumber berita bohong ini yang mendiskreditkan nama baik Lembaga Pemerintahan RI Kementrian Hukum dan Ham dalam penjelasannya kepada Tim Pewarta DKI Jakarta. Selasa 20/9/2022.

*Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba Telah mendapatkan Penghargaan Pelayanan Kesehatan dan makanan bergizi terbaik dan salah satu lembaga pemasyarakatan yang ada di Jakarta dalam perhatiannya pada narapidana. Sertifikasi Higienis terkait makanan bergizi yang di distribusikan pada warga binaan diperoleh dari Departemen Kesehatan Dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Karena lauknya itu posisi di atas (ompreng paling atas) semua, nasi dipisah, karena kalau digabungkan (nasi dan lauk), pada saat pendistribusian dari dapur ke blok, nanti dia jatuh menyatu dengan nasinya. Nanti jadinya tidak higienis lagi antara nasi dengan sayur, makanya dipisahkan,” ujar Kalapas Salemba Yosafat Rizanto saat dikonfirmasi,  (Red)

Narasumber Pewarta : Tim Pewarta DKI Jakarta /Win 202024. Editor Red : Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan