KESBANGPOL Kab. Bandung Barat, Menggelar Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan bagi ORMAS, OKP dan LSM

  • Whatsapp

INFOINDONESIA – BANDUNG BARAT | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Bandung Barat, menyelenggarakan sosialisasi peraturan perundang-undangan bagi Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS), tingkat Kabupaten Bandung barat (KBB) tahun 2023. Pada Kamis, 23/02/2023

Sosialisasi tersebut dengan tema“ Melalui kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan kita wujudkan organisasi kemasyarakatan di Bandung Barat (KBB), yang tertib administrasi pembangunan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berkah dan berkelanjutan.

Dalam acara tersebut, di hadiri langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol, Ir. Apung Hadiat Purwoko ,M.Si, Kepala Bidang Poldagri Didin Suhendar, S.Pd , kepala Dinas Bapelitbangda Rini sartika,S.Sos, Kepala Bagian Hukum yang di wakili oleh Hanik setyowati serta para ketua ormas dan OKP sekabupaten Bandung Barat (KBB).

Didin Suhendar. S.Pd, selaku ketua panitia dalam pidatonya menyampaikan,” dengan di adakannya sosialisasi Perundang-undangan ini supaya meningkatkan wawasan seluruh ormas, agar selalu berpedoman pada peraturan Perundang-undangan yang berlaku untuk melaksanakan aktivitas keorganisasiannya masing-masing, dan memperkuat pemahaman terkait perkembangan dunia keormasan guna menyongsong kemajuan pada semua, seperti kehidupan berorganisasi,” ungkapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ir .Apung Hadiat Purwoko M,Si, menuturkan, kehadiran ormas, OKP dan LSM ini di lindungi oleh undang-undang maka dengan sosialisasi ini kita melakukan penajaman supaya rekan -rekan ormas, OKP, LSM dan pemerintah tahu tugas pokoknya masing masing, sehingga bisa terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan untuk kemajuan masyarakat Bandung barat,” tuturnya.

Lanjut Apung,” Rekan-rekan Ormas OKP ini sifatnya independent, tetapi karena mereka itu punya hak demokrasi juga, bahkan tidak lepas dari AD/ART nya, fungsi Ormas OKP dan LSM ini ikut berperan serta dalam PEMILU demi menjaga kondusifitas masyarakat dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya karena hak pilih ini sangat penting untuk keberlangsungan masyarakat Bandung Barat;(KBB), khususnya Indonesia pada umumnya untuk 5 (lima) tahun ke depan jangan sampai golput.

Ormas juga sebagai sosial kontrol memotret kinerja pemerintah Bandung Barat (KBB) dan memotret apa yang menjadi Isu-isu di masyarakat dan ormas ini sebagai mediator yang menyampaikan kebijakan pemerintah, mengawasi intervensi pelaksanaan program dan menyampaikan aspirasi masyarakat yang belum terlayani, oleh pemerintah baik bidang infrastruktur konomi, itu harus berani menyampaikan yang kadang kadang komunikasi 2 (dua) arah antara masyarakat dan pemerintah, jadi ormas lah yang menjadi penghubung sesuai dengan visi misi Bandung Barat berkah dan Bandung Barat sukses tanpa ekses,” pungkasnya.

Narasumber/Pewarta: Mang Uted Reformasi/ Dien. Editor Red: Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan