Ketua Forum 3 Desa : “Perbaikan Jalan Menuju TPA Sarimukti Realisasi , tetapi untuk KDN ,Arus balik, dan PJU belum ada kejelasan.!”

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | KAMIS, 17 FEBRUARI 2022.

SARIMUKTI, BANDUNG BARAT, JAWA BARAT | Telah disampaikan informasi kepada awak media ini oleh Ketua Forum 3 Desa yang melingkupi wilayah jalur Provinsi sebagai jalan penghubung antara wilayah Mandalasari , Rajamandala, dan Sarimukti Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, bahwa “Jalur Provinsi adalah merupakan wilayah akses alternatif yang sangat penting, dikarenakan , bukan hanya sebagai jalan untuk hilir mudik masyarakat saja, akan tetapi akses jalan tersebut, adalah wilayah jalan, dimana banyak kendaraan yang lalu lalang, khususnya yaitu kendaraan pengangkut sampah yaitu Dumtruk yang menuju  TPA Sarimukti tersebut,”ungkapnya Suhendi, Ketua Forum Tiga Desa.

Bacaan Lainnya

“akan tetapi, sayangnya hingga saat ini kondisi jalan tersebut, tidak mencerminkan seperti jalan jalur provinsi, seperti halnya provinsi lainnya, sebabnya nampak terlihat banyak terdapat kerusakan jalan yang cukup parah di sejumlah titik dan itu dapat sangat membahayakan bagi pengguna jalan ,pengendara saat melintasinya, terutama disaat musim penghujan seperti saat ini, “tambahnya.

Atas kondisi tersebutlah, maka Ketua Forum Tiga Desa ini mengeluhkan hal tersebut. Khususnya Desa Mandalasari, Desa Rajamandala, dan Desa Sarimukti. Karena jalan tersebut banyak terdapat lubang dalam, hingga banyak terjadi kecelakaan di Wilayah tersebut,”tegasnya.

Lalu Ia menyampaikan kepada awak Media ini, bahwa kerusakan di jalur provinsi tersebut diperparah lagi dengan kondisi drainase yang tidak berfungsi saar musim hujan deras turun maka luapan air pun mengarah ke badan jalan. Dan Kami sebagai perwakilan dari Warga Masyarakat setempat, meminta agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dapat lebih memperhatikan hal tersebut, agar sesegera mungkin mengupayakan perbaikan jalan arah ke TPA Sarimukti, “ucapnya.

Kemudian lanjutnya, dengan rusaknya jalan di jalur tiga titik tersebut juga,karena tidak lepas pula dari truk -truk sampah yang kerap hilir mudik setiap harinya di wilayah Kita ini, apalagi dengan daya tampung melebihi kapasitas truk tersebut, sehingga akhirnya Kami sebagai Perwakilan Warga akan Turun ke Jalan, apabila Pihak Terkait Pemerintah Provinsi tidak sesegera mungkin mengupayakan perbaikannya, karena Kami tidak butuh Wacana, akan tetapi Realisasinya demi kepentingan umum, sedangkan anggaran kompensasi Dari Tahun 2021/3 Wulan pun, hingga saat ini belum terbayarkan, “pungkasnya.

Perlu diketahui publik pula, bahwa “Truk -truk pengangkut sampah yang memuat kapasitas hingga overload itulah yang mengakibatkan jalan cepat rusak parah. Kami berharap melalui Media ini, kiranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dapat segera merespons harapan semua Warga masyarakat yang dirugikan akibat dampak dari Jalan rusak parah ini, kalau tidak maka pihaknya akan Turun ke jalan hingga terealisasi untuk mempebaikinya,” ucapnya,sambil menutup Wawancara dengan pihak awak Media ini.  

Selanjutnya awak Media konfirmasi kepada pihak UPT Bandung Barat bernama Agus Hermawan S.,pd, dan mengatakan, bahwa “benar adanya apa yang disampaikan oleh Ketua Forum 3 Desa tersebut, bahwa kondisi jalan jalur Provinsi menuju arah TPA Sarimukti memang sudah rusak parah, dan hingga kini kondisinya begitu -begitu terus belum ada perbaikan, kendala alat berat pun disana terkendala, bahkan Kita ngantri disana sampai 7 Jam, sangat-sangatlah menghambat kepada pelayanan Kita pada masyarakat, kadang Kita sudah beres Jam 14.00 Wib, pas mau buang TPA sudah tutup pada Pukul 13.00 -17.00 Wib,sekarang TPA Sarimukti dikelola langsung oleh DLH(Dinas Lingkungan Hidup) Provinsi, “ungkapnya Agus Hermawan S.,pd.

Beralih konfirmasi selanjutnyanya kepada Kabid Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Bandung, dan beliau menyampaikan ,terkait jalan ini bahwa”Nanti Kami coba sampaikan ke DLH Provinsi, terkait dengan pembayaran KDN, dan memang Kami baru menerima Berita Acara Rekonsiliasi dari DLH Provinsi pada Minggu pertama pada bulan Februari, jadi saat ini sedang diproses, dan mudah-mudahan Minggu ini ,atau paling lambat Minggu Depan sudah pencairan,”ungkapnya.

Kemudian, informasi selanjutnya dikatakan kepada Rekan awak Media ini, bahwa”Jalan akses untuk perbaikan jalan sementara ini dipending dulu,karena Dana perbaikan tersebut di salurkan untuk menanggulangi Covid-19, tapi Insyaalloh Dua minggu kedepan setelah Wawancara dengan pihaknya, bahwa bila kondisi kembali Normal, kemudian Kita bisa Fokus pada jalur ekonomi, yaitu Perbaikan Jalan, karena perbaikan Jalan tersebut termasuk dalam Jalur Ekonomi, itu adalah hasil pertemuan kemarin,”ungkapnya (H. AT) saat beliau menyampaikan kepada Rekan awak Media ini.

Selanjutnya awak media berusaha untuk menghubungi Sekdis,melalui Kabid DLH Pemkot Bandung , dan hasilnya menurut beliau,jawaban dari Sekdis DLH Jabar, sebagai berikut ” Mangga, nanti Kita koordinasikansama DBMPR, Saya sudah kontak dengan Kadis Bina Marga, rencana mulai besok akan ada perbaikan jalan melalui perawatan rutin, nanti laporannya akan dikirim ya pak, Mohon di Infokan juga ke Forum 3 Desa
,” itu adalah jawaban Sekdis DLH Provinsi Jabar,ujar Kabid DLH Pemkot Bandung.

Menurut Ketua Forum 3 Desa. kepada awak Media pada hari ini, Kamis,(17/02/2022),Siang, bahwa” Ya itu memang sudah ada petugas dari Binamarga untuk perbaikan jalan menuju ke TPA Sarimukti, akan tetapi untuk KDN ,Arus balik sama PJU( Penerangan Jalan Umum) belum ada kejelasan , hingga saat ini, “Pungkasnya.

NARASUMBER : KETUA FORUM 3 DESA TPA SARIMUKTI. PEWARTA : AGUS H / DADANG SUYUD/ LIESNA EGA. EDITOR RED : LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan