Komisi Pemilihan Umum (KPU) Resmi Tetapkan Jadwal Debat Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024. Inilah Jadwal Lengkapnya!!

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan jadwal debat calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024.

Dilansir dari halaman resmi Dataindonesia.id terkait jadwal debat Capres dan Cawapres yang akan berlangsung sebanyak lima kali sejak 12 Desember 2023 hingga 4 Februari 2024.

Debat pertama untuk capres digelar pada hari Selasa, 12 Desember 2023, dengan tema yang diusung dalam debat perdana ini iyalah tentang Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Kemudian debat kedua bakal digelar pada hari Jumat, 22 Desember 2023, debat untuk Cawapres tersebut mengangkat tema terkait Ekonomi, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Untuk debat ketiga akan digelar pada hari Minggu, 07 Januari 2024, dengan tema yang diangkat terkait Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Setelah itu, debat keempat digelar pada hari Minggu, 21 Januari 2024, debat yang akan diikuti oleh para cawapres itu mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Sedangkan debat kelima, para Capres akan berlangsung pada 04 Februari 2023, adapun, tema dalam debat terakhir tersebut adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Mengacu kepada keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, debat Capres dan Cawapres akan berlangsung selama 150 menit, dari jumlah itu, 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan.

Kemudian Berdasarkan Peraturan KPU No. 15 tahun 2023 Pasal 50 Ayat (1), debat dilakukan dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali bagi cawapres.

Hal itu dapat diubah KPU atas koordinasi dengan DPR, Setiap debat akan dibagi menjadi enam segmen,

Berikut Keenam Segmen Yang Sudah Ditentukan.

  1. Segmen pertama adalah pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi-misi dan program kerja.
  2. Segmen kedua berupa pendalaman visi-misi dan program kerja.
  3. Segmen ketiga berupa pendalaman visi-misi dan progam kerja oleh moderator.
  4. Segmen keempat
  5. Segmen kelima akan diisi tanya-jawab dan sanggahan.
  6. Segmen keenam merupakan penutup.

Berikut rincian debat capres-cawapres pada Pemilu 2024:

1. Debat Pertama (Capres), waktu: Selasa, 12 Desember 2023 Tema: Pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga Media siaran: TVRI dan RRI

2. Debat Kedua (Cawapres), Waktu: Jumat, 22 Desember 2023 Tema: Ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan Media Siaran: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

3. Debat Ketiga (Capres), Waktu: Minggu, 7 Januari 2024 Tema: Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik Media Siaran: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

4. Debat Keempat (Cawapres), Waktu: Minggu, 21 Januari 2024 Tema: Pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa Media Siaran: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

5. Debat Kelima (Capres) Waktu: Minggu, 4 Februari 2024 Tema: Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi Media Siaran: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan jadwal debat calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024.

Narasumber Pewarta: Dilansir dari halaman resmi Dataindonesia.id terkait jadwal debat Capres dan Cawapres yang akan berlangsung sebanyak lima kali sejak 12 Desember 2023 hingga 4 Februari 2024 / Ramli CTN. Editor Red: Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan