LUAR BIASA…!! Roebing Gunawan Mencatat Rekor MURI Menyandang 125 Gelar Akademik

  • Whatsapp

INFOINDONESIAINEWS .COM | BANDUNG, JABAR – Luar biasa Roebing Gunawan Budhi penyandang 125 gelar akademik , sedangkan bagi kebanyakan orang, punya satu atau dua gelar adalah perjuangan yang cukup berat dan menghabiskan waktu, uang dan kerja keras yang tak sedikit. Apalagi jika berkuliah sambil bekerja, dengan penghasilan bulanan yang cukup lumayan, timbul perasaan tak perlu mengejar nilai yang bagus.

Bahkan sering muncul rasa malas demi mengejar status sarjana, magister hingga doktor. Namun, siapa sangka bahwa ada orang Indonesia yang memiliki hobi mengkoleksi gelar di bidang pendidikan.

Tak tanggung-tanggung, warga Bandung ini memiliki ratusan gelar dari berbagai disiplin ilmu mulai dari S1, S2 hingga titel non akademik berupa sertifikasi profesi.

Sosok itu bernama Roebing Gunawan Budhi, 60. Pria ini hobi belajar sampai memiliki seabreg gelar akademik yang menyertai namanya. Namanya kini tercatat di MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai orang yang memiliki gelar akademik dan sertifikat profesi terbanyak di Indonesia dengan nomor rekor 100109. Roebing mengawali kuliah di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung pada 1982 dan lulus pada tahun 1987.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan ke beberapa program studi di Universitas Terbuka (UT) sampai 2018. “Memang tidak ada yang mudah selama menempuh studi. Namun dengan keuletan, kegigihan dan semangat pantang menyerah, di usia saya yang sudah tidak terbilang muda, saya terus bertekad untuk menyelesaikan pendidikan secara tepat waktu,” kata Roebing, Kamis (11/1/2024).

Dari seabreg gelar yang ia dapatkan, dengan ilmu yang diperolehnya mayoritas dimanfaatkan di tempatnya bekerja. Selain mengisi kegiatan sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi ternama di Bandung bersama Asosiasi Manajemen Indonesia Cabang Bandung dan sempat pula menjadi guru militer di sebuah pusat Pendidikan TNI AD.

Disinggung mengenai biaya yang dihabiskan demi mengoleksi gelar yang telah ia dapatkan, Roebing mengaku tidak mengkalkulasi secara pasti. Tapi diperkirakan uang ratusan juta rupiah dikeluarkan demi mengenyam pendidikan yang ditempuh di dalam negeri, serta beberapa kursus singkat di luar negeri.

Keluarga tentunya sangat mendukung pendidikan  yang selama ini telah Saya jalani, tapi untuk sekarang Saya lebih fokus pada pendidikan anak tunggal yang sedang duduk di bangku SMA kelas 11,” ungkapnya.

Saat ini, Roebing yang juga anggota Asosiasi Manajemen Indonesia telah mengantongi 7 rekor MURI di bidang pendidikan, dan tercatat memiliki 10 gelar akademik S1 dan S2 serta 115 titel non akademik (sertifikasi profesi).

Total Saya memiliki 125 gelar dari beragam disiplin ilmu. Motivasi Saya dalam meraih ini adalah hidup merupakan sebuah proses belajar dan kita harus terus beradaptasi dengan perubahan. Learn, unlearn dan relearn patut menjadi prinsip hidup kita,” ucap Roebing yang kini bekerja sebagai Corporate Communication pada sebuah industri technical textile di Kabupaten Bandung Barat ini.

NARASUMBER PEWARTA:  MI/DEPI GUNAWAN . EDITOR RED IINEWS: LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan