MANTAP..!! Desa Margajaya, Bandung Barat Raih Penghargaan Desa Mandiri dan Kehumasan Teraktif Tahun 2023

  • Whatsapp

INFOINDONESIAINEWS.COM | DESA MARGAJAYA, KBB, JABAR – Desa Mandiri telah menjadi salah satu alternatif utama dalam upaya pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk mempercepat pembangunan di daerah pedesaan.

Termasuk Desa Margajaya, Kec.Ngamprah, Kab. Bandung Barat, Jabar adalah termasuk salahsatu Desa yang memanfaatkan potensi lokal dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, karena Desa Margajaya terpilih menjadi Desa Mandiri yang bertujuan untuk mengakselerasi pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan di tingkat Desa.

Desa Mandiri menjadi penting karena desa-desa di Bandung Barat memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Meskipun seringkali terbatas oleh keterbatasan sumber daya manusia dan aksesibilitas, desa-desa dapat menjadi pusat pembangunan yang kuat jika diberdayakan dengan benar.

Salah satu contoh Desa Mandiri di Kabupaten Bandung Barat yang sukses adalah Desa Margajaya yang terletak di Kecamatan Ngamprah , Kabupaten Bandung Barat. Desa ini menjadi teladan bagi desa-desa lainnya,  karena berhasil merubah perekonomian Desa yang semula tertinggal menjadi maju dan mandiri. Hingga mendapatkan apresiasi berupa Piagam  Penghargaan  dari Dr.(H.C.) Drs., Abdul Halim Iskandar M.Pd (Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI) yang di terima langsung oleh Sekertaris Desa Sumili mewakili Kepala Desa H Ahmad Saepudin LC.,MA. Senin, (8/1/2024).

Selain daripada itu, Desa Margajaya juga mendapatkan penghargaan lainnya selama tahun 2023 , yaitu :
1. Penghargaan Status Desa menjadi Desa Mandiri.
2. Juara 1 lomba RDK  ( Rumah Data Kependudukan)  tingkat Provinsi
3. Penghargaan Kehumasan Terbaik tingkat Kecamatan Ngamprah.

Alhamdulillah, Desa Margajaya telah mendapatkan beberapa penghargaan di akhir tahun 2023, dan salahsatunya menjadi Desa Mandiri dan Desa Kehumasan Terbaik di Tingkat Kecamatan Ngamprah, dan Desa Mandiri bagi Desa Margajaya adalah sebuah konsep pembangunan Desa di wilayahnya yang mengedepankan partisipasi dan kemandirian masyarakat , dalam mengelola sumber daya lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya Sekdes Margajaya bernama Sumili.

Dengan memanfaatkan potensi lokal dan melibatkan aktif masyarakat, maka Desa Margajaya dapat menjadi pusat pembangunan yang kuat. Meskipun menghadapi beberapa tantangan, namun  langkah-langkah konkret dapat diambil serta Kami tetap berupaya untuk mewujudkan Desa Mandiri yang berkelanjutan,”pungkasnya.

NARASUMBER: SUMILI. PEWARTA/EDITOR: LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan