Masyarakat Bogor Sambut Meriah Kepulangan Pasukan Elit Yonif 315/Grd Usai Tugas menjadi Satgas Pamrahwan di Papua

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | KAMIS, 30 JUNI 2022.

BOGOR | Pasca dilepas pada Minggu, 23 Mei 2021 tahun lalu, akhirnya 400 prajurit Yonif 315/Garuda yang berjuluk ” Pasukan Setan ” kembali ke Markas dengan lengkap dan utuh dengan disambut upacara defile marching band militer yang disambut meriah masyarakat disepanjang Jalan Raya Gunung Batu Kota Bogor ini hingga dilakukan penutupan akses jalur lalu lintas.

Bacaan Lainnya

Tampak Wakil Walikota, Kapolresta Bogor Kota, Dandim 0606/Kota Bogor hingga ribuan masyarakat sambut dengan suka cita dan antusias ratusan personil Satuan Tugas Pam Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Papua di Lapangan Yonif 315/Garuda selama 13 bulan guna menjaga teritorial dan kedaulatan bangsa di bumi tanah mutiara hitam.

Seusai upacara defile penyambutan pasukan pasukan Garuda, Dan Yonif 315/Garuda Letkol Inf Suryanto menyampaikan, akhirnya berkat do’a semuanya pasukan garuda bisa kembali dengan selamat dan utuh ke home base tercinta.

“Target utama kami adalah berangkat lengkap dan pulang pun harus lengkap, kemudian target yang kedua yaitu di daerah penugasan bisa merangkul masyarakat semaksimal mungkin melalui pendekatan-pendekatan teritorial. Kami juga memegang teguh slogan yang diturunkan dari Kolaops dalam hal ini Korem 174/Papua yaitu ‘Baktiku Untuk Papua’ berani untuk melindungi, mencintai harkat serta martabat orang Papua,” ungkap Suryanto.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, arti menjaga dalam hal ini yaitu anggota Satgas Yonif 315 jangan pernah sekalipun menyakiti hati orang papua, jika itu dilakukan maka masyarakat Papua dengan sendirinya akan antipati terhadap anggota semuanya.

” Dalam setiap kegiatan apapun, kami berupaya untuk menarik simpatik masyarakat disana melalui pendekatan teritorial seperti pelayanan kesehatan, bercocok tanam dan juga turut serta memberikan pengajaran terutama di Pos-Pos penjagaan yang jauh dari saran transportasi ke perkotaan sangat kesulitan dan jarang ada pendidik atau pengajar ( guru ) bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Satgas Pamrahwan Yonif 315/ Garuda bertugas di wilayah Mimika, Merauke, Mappi dan Asmat. Sejumlah 19 Pos penjagaan tersebar 4 wilayah ini dengan jumlah 20 hingga 30 personil Satgas Yonif 315 yang berjaga disana.

“Alhamdulillah selama bertugas disana belum pernah ada kontak senjata dengan pihak separatis KKB ( OPM ), paling juga ketika patroli hanya mendengar suara tembakan saja sebagai isyarat bahwa mereka ada diwilayah tersebut,” tandasnya.

Menurut informasi, 400 Satgas Pamrahwan Yonif 315/ Garuda saat tiba di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara langsung disambut Pangdam lll/Slw Mayjen TNl Kunto Arif Wibowo yang didampingi oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin.

NARASUMBER PEWARTA : DEDDY M. EDITOR RED : LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan