Mutasi Polri: 15 Perwira Tinggi Naik Pangkat, 8 Kombes Jadi Jenderal, dan 110 AKBP Jadi Kombes

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | KAMIS, 30 JUNI 2022.

JAKARTA| Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo ungkap sebanyak 15 perwira tinggi Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

Ke 15 perwira tinggi (Pati) Polri setingkat lebih tinggi di Mabes Polri dikukuhkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (29/6/2022).

Delapan dari jumlah tersebut di antaranya dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi jenderal baru alias Brigadir Jenderal (Brigjen) di Korps Bhayangkara.

“Kemudian delapan Brigjen,” kata Dedi dikutip Kamis (30/6/2022).

Kemudian, enam diangkat menjadi Irjen dan satu sisanya menjadi Komjen.

Ia menyebutkan Kapolri juga menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap 110 perwira menengah (Pamen) Polri menjadi Komisaris Besar (Kombes).

Selain itu, terdapat 443 perwira lain yang menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan 303 lainnya kini berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Di kalangan perwira pertama, total saat ini ada 572 Inspektur Satu (Iptu) dan 597 Inspektur Dua (Ipda) yang dilantik Kapolri.

Ada juga pangkat dua pegawai negeri sipil (PNS) di Polri diangkat menjadi golongan 4 atau setara Brigadir Jenderal (Brigjen).

Dedi menjelaskan, dua PNS itu adalah dokter spesialis THT Jozyta Rachman dan dokter spesialis kesehatan jiwa Witri Narhadiningsih.

Kenaikan golongan ini merupakan kali pertama dalam sejarah Polri.

Selain itu, Dedi mengatakan Kapolri juga melantik peresmian pangkat ratusan perwira tinggi (pati) perwira menengah (pamen), perwira pertama di lingkungan Korps Bhayangkara.

Salah satu pati yang dinaikkan pangkatnya yakni seorang polisi wanita (polwan) Irjen Juansih dengan pangkat bintang dua.

Mutasi 3 Kapolda dan 121 Kapolres

Sebelumnya pihak Polri mengeluarkan lima telegram rahasia (TR), yakni NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Telegram tersebut berisi Mutasi dan rotasi perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen).

Tiga Kapolda dan 121 orang Kapolres masuk dalam daftar mutasi terbaru yang dikeluarkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam daftar mutasi terbaru tersebut juga terdapat nama Kabag Penum Divisi Humas Polri, Karo Multimedia Divisi Humas Polri.

Rotasi dan mutasi ratusan perwira di jajaran Polri ini ditetapkan oleh Kapolri pada 20 Juni 2022 kemarin.

Adapun tiga kapolda yang dirotasi dan mutasi yakni Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung dan Kapolda Gorontalo.

Berikut adalah rinciannya:

  1. Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing akan dimutasi menjadi Wairwasum Polri.

Posisinya digantikan oleh Irjen Daniel Tahi Silitonga.

  1. Kapolda Lampung akan diisi oleh Irjen Akhmad Wiyagus yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Sementara Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno akan ditempatkan ke luar struktur di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

  1. Kapolda Gorontalo akan diisi oleh Irjen Helmi Santika yang saat ini menjabat sebagai salah satu Korsahli Kapolri.

Selanjutnya, Kabag Penum Divisi Humas Polri akan diisi oleh Kombes Pol Nurul Azizah yang elumnya menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022, Kombes Pol Nurul Azizah sebelumnya menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Lebih lanjut, Dedi menerangkan bahwa Kombes Gatot Repli Handoko yang saat ini menjabat Kabag Penum Divisi Humas Polri akan menjadi Kepala Biro (Karo) Multimedia (Mulmed) Divisi Humas Polri.

Gatot akan akan dimutasi dan dinaikkan pangkatnya menjadi brigadir jenderal (brigjen) atau jenderal bintang satu.

Mutasi 121 Kapolres

Kapolri juga melakukan mutasi kepada 121 kapolres, kemudian satu polwan mendapat promosi jenderal bintang dua.

Lalu, dua polwan dapat promosi pangkat komisaris besar (kombes).

Dedi menegaskan bahwa mutasi di jajaran kepolisian adalah hal yang alamiah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepolisian.

NARASUMBER PEWARTA : DEDI M. EDITOR RED : LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan