Open House Balai Yasa Kereta Api Resmi Dibuka Selama 3 Hari bertema “Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.”

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SELASA, 27 SEPTEMBER 2022.

JAKARTA | PT Kereta Api Indonesia (Persero) wilayah barat Pimpinan beserta Stegholder resmi membuka acara “Open House” di Balai Yasa Kereta Api Manggarai Jakarta, dan untuk pertama kalinya dilaksanakan acara ini untuk masyarakat umum setelah melalui kurun waktu 3 tahun ini dikarenakan Pandemi di Indonesia. Open House ini diselenggarakan di Balai Yasa Manggarai wilayah barat Jakarta Selatan pada Senin 26/9/2022.

Bacaan Lainnya

PT KAI (Persero) berupaya melangkah maju untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai improvement demi menghasilkan pelayanan yang maksimal, yang prima bagi pengguna jasa Transportasi darat ditengah-tengah terpuruknya perekonomian selama ini perjuangan bangsa Indonesia yang gigih untuk bangkit bersama di masa pandemi.

Turut Hadir memeriahkan dalam acara “Open House” ini, Direktur Pengelolaan Sarana PT Kereta Api Indonesia (persero) Eko Purwanto dan Kepala Daerah Operasi 8 Surabaya Heri Siswanto. General Manager Balai Yasa Surabaya Gubeng Dominicus Agung di acara Open House Balai Yasa Manggarai.
Kapolsek Tebet, BNN, BRI, BNI, PT Pindat, Departemen Perindustrian, juga hadir tokoh masyarakat Setiawan djodi secara mengejutkan tiba-tiba datang di Balai Yasa Manggai wilayah barat ini.
Juga terlihat dari berbagai elemen masyarakat dari Komunitas IRPS, Refan wilayah 1D, DM Marka dan lainnya Group Komunitas dari masyarakat para pelajar, mahasiswa serta para mitra Pecinta Kereta Api Indonesia.

Balai Yasa Manggarai Khusus untuk Perawatan “Gerbong” kereta Penumpang Dan KRL.
Semakin Bertumbuh dan memberikan maanfaat dalam Pelayanan transportasi yang terbaik sehingga dalam pelayanan PT KAI ini semakin memuaskan masyarakat umum pengguna transportasi dan penumpang terasa aman dan barang yang diantarkan sampai ketempat tujuan dengan menggunakan armada perkeretaapian di Indonesia melalui jalur darat.

Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI (Persero) Eko Purwanto dalam sambutannya mengatakan “Open House Balai Yasa ini merupakan inovasi PT KAI (Persero) untuk membuka diri seluas-luasnya untuk masyarakat dapat melihat bagaimana dapur atau bengkel kereta api di balai Yasa Manggarai ini dari hari Senin 26/9/2022 sampai hari Rabu 28/9/2022 dan diberikan kesempatan pada masyarakat dalam acara open house ini juga dalam rangka HUT PT KAI (persero) yang ke-77. Masyaralat yang hadir diperbolehkan untuk melihat dari dekat tempat bengkel merawat seluruh sarana kereta api, baik lokomotif, kereta, KRD, KRDI, maupun KRL, mayarakat dan tamu undangan diingatkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan”.
Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari HUT ke-77 PT KAI yang jatuh pada tanggal 28 September 2022 dengan Thema: “Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik”.

“KAI membuka Open House di 3 Balai Yasa di Yogyakarta,Jum’at (23/9/2022) dan Surabaya Gubeng,minggu (25/9/2022). yang masing-masing memiliki ciri khas yang dapat terlihat kalau kita menyaksikan sendiri. Open House ini diharapkan dapat memberikan value bagi pendidikan, pemerhati, dan masyarakat secara keseluruhan,” kata Eko Purwanto.

Pada penyelenggaraan Open House Balai Yasa tersebut, KAI juga menyediakan stan-stan UMKM untuk turut berpartisipasi menjajakan berbagai produknya. Sehingga, kegiatan ini tak hanya bernilai untuk edukasi tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

KAI mengimbau kepada seluruh pengunjung Open House Balai Yasa untuk mematuhi prosedur yang berlaku seperti menggunakan atribut safety yang telah KAI sediakan dan tidak menginjakkan kaki di area terlarang. Hal ini agar keselamatan pengunjung dalam kegiatan Open House Balai Yasa tetap terjaga.

Balai Yasa adalah bengkel kereta api yang difungsikan untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

PT KAI terus mengoptimalkan sebagai tempat sarana peralatan dan perawatan gerbong, Balai Yasa memiliki tujuan agar dapat menunjang kelayakan perjalanan kereta api dengan selamat, nyaman, dan tepat waktu. Yang menjadi andalan sarana perawatan dan ketersedian peralatan kereta merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai ketepatan waktu perjalanan kereta api. Saat ini, ketepatan waktu kereta api angkutan penumpang mencapai 99,6%.

“Ke depannya, PT KAI (persero) akan berkolaborasi atau bekerjasama dengan berbagai stakeholder seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Perekonomian untuk dapat memberikan value lebih Balai Yasa kepada masyarakat. Sehingga fungsi Balai Yasa tidak hanya sebatas merawat sarana kereta api, tetapi juga sebagai wahana pendidikan dan menghidupkan perekonomian,” jelas Eko Purwanto.

” Tujuan dari terselenggaranya Open House lebih dijelaskan kembali untuk memberikan edukasi kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum agar dapat lebih mengenal seluk beluk dari manfaat proses perawatan gerbong penumpang dan lengkapnya ketersediaan alat-alat barang dan kegiatan lainnya.” jelas Joni Martinus pada rekan-rekan media dan Tim Pewarta Indonesia.

“Berbagai fasilitas ini kami sediakan sebagai wujud komitmen PT KAI (Persero) untuk terus adaptif memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin tinggi  agar  dapat dinikmati masyarakat saat berada d stasiun  menunggu keberangkatan kereta atau saat kedatangan kereta dengan lebih nyaman. Kami berharap minat masyarakat menggunakan mobilisasi darat transportasi publik sebagai sarana yang tepat  lebih memilih mengunakan pelayanan transportasi kereta api semakin meningkat, sehingga pada akhirnya dapat mengurangi beban jalan raya dan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi,” ungkap Joni Martinus, Vice President Public Relations
( Di bulan Juli 2022 tahun ini PT KAI (Persero) mendapatkan penghargaan sebagai Indonesian Most Prminent Public Relations Person di acara yang juga dihadiri para praktisi humas pimpinan perusahaan,kementrian,lembaga dan berbagai organisasi lainnya “Indonesian Public Relations Summit 2022” )

PT KAI (Persero) berupaya melangkah maju untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai improvement demi menghasilkan pelayanan yang maksimal, yang prima bagi pengguna jasa Transportasi darat ini ditengah perjuangan bangsa Indonesia untuk bangkit di masa pandemi.( Redaksi )

Narasumber : Tim Pewarta Indonesia. Pewarta : Win 202024. Editor Red : Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan