Pemberian Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) Wujud Komitmen Kokohnya Sinergisitas TNI-Polri

  • Whatsapp

JAKARTA – TNI dan Polri terus menunjukkan sinergitas yang kokoh dalam menjawab berbagai tantangan tugas dan mengawal kebijakan pemerintah. Hal ini tercermin dalam penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada hari Jumat, 4 Oktober 2024, di Rupatama Mabes Polri.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama diberikan kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Mohammad Tonny Harjono.

Dalam sambutannya, Kapolri yang diwakili oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa penganugerahan ini adalah wujud dari sinergitas yang terus terjalin antara TNI dan Polri, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Sinergitas TNI-Polri dalam menjalankan tugas-tugas negara selama ini sangat baik dan akan terus ditingkatkan. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan yang telah mendukung penuh tugas-tugas Polri, mulai dari tingkat Polsek, Polres, hingga Mabes Polri,” ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya kepada media usai upacara.

Ia menambahkan bahwa sinergitas ini sangat penting dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan pembangunan menuju Indonesia maju. Beberapa bentuk kerja sama yang sudah terjalin antara TNI dan Polri, seperti pengamanan arus mudik, pendidikan kedinasan, hingga pembebasan sandera warga Selandia Baru dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, menunjukkan kontribusi besar dari Panglima TNI dan seluruh jajaran Kepala Staf Angkatan.

Upacara penganugerahan dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia terkait penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada individu yang berjasa dalam memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tahun ini, Presiden terpilih Prabowo Subianto juga menerima penghargaan serupa.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012, disebutkan bahwa terdapat tiga jenis Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama adalah tingkat tertinggi di antara ketiganya.

Sumber : M ridho detektif. Editor Red : LiesnaEgha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan