Presiden Jokowi Melakukan Pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala.

  • Whatsapp

INFOINDONESIA – BOGOR | Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala. Jokowi menyebut kedatangan Fiala menjadi momen pertama kalinya kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia.

“Yang saya hormati Perdana Menteri Petr Fiala, kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha Ceko juga hadir dalam kunjungan ini merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama,” kata Jokowi usai pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

Jokowi mengatakan dirinya dan Fiala membicarakan kerja sama berbagai bidang selama pertemuan. Antara lain kerja sama investasi hingga pertahanan.

“Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang ASEAN dan Indopasifik,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga bicara soal regulasi Uni Eropa (EU). Dia mendorong penyelesaian melalui negosiasi Indonesia-EU CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement).

“Saya juga menyampaikan terkait beberapa regulasi EU yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-EU CEPA,” ucapnya.

Jokowi mengatakan RI dan Ceko sepakat menjajaki kerja sama di bidang industri teknologi.

“Kami juga sepakat menjajaki kerja sama join production antara industri strategis, transfer teknologi dan capacity building,” ucapnya.

NARASUMBER PEWARTA: ABU KHAIDIR. EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan