Presiden Prabowo Pimpin Upacara Parade Senja dan Penurunan Bendera di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah

  • Whatsapp

INFOINDONESIAINEWS.COM| MAGELANG, JATENG – Presiden Prabowo Subianto selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin upacara Parade Senja dan penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pancasila, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10).

Parade Senja diawali dengan marching band dan memperlihatkan baris-berbaris pasukan sebelum upacara utama dimulai.

Hujan yang mengguyur tidak menyurutkan peserta upacara untuk melaksanakan seluruh rangkaian Parade Senja. Presiden dan Wakil Presiden beserta jajaran Kabinet Merah Putih tampak menggunakan seragam loreng.

Terlihat ada empat mobil Pindad Maung yang turut melaksanakan pemeriksaan barisan upacara.

Presiden Prabowo melakukan pengecekan barisan didampingi Menteri Pertahanan Sjafrie Syamsuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan menggunakan mobil Pindad Maung 1.

Di mobil Maung Pindad kedua tepat di belakang mobil yang dinaiki Presiden Prabowo, terlihat Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU).

Sedangkan di mobil Maung Pindad ketiga adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik dan Keamanan Budi Gunawan, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan Pratikno, Menko Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar, dan Menko Bidang Pangan Zulkifli Hasan.

Dan yang terakhir, di mobil Maung Pindad keempat ada Menko Bidang Hukum HAM Imigrasi dan Pemasyarakatan, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono.

Presiden Prabowo melakukan pemeriksaan pasukan dengan mengelilingi pasukan Akmil yang sudah berbaris rapi. Pemeriksaan pasukan selesai, Presiden kembali ke tenda kehormatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai tanda penghormatan untuk para pahlawan yang sudah berjasa bagi bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai Komadan Upacara yakni Sersan Mayor 1 Taruna (Sermatutar) Irfan Yuda dan Komandan Upacara Sermatutar Aldrian Ahmad Effendi.

Acara dilanjutkan dengan penurunan bendera merah putih. Proses penurunan bendera dilakukan oleh Sermatutar Prananda Aldi Saputra, Brigadir Taruna Fatan, Sermatutar Andriansyah Cecha Ramadhan, serta Penatarama. Seluruh lampu di Akmil dipadamkan, hanya lampu yang menyorot pada bendera merah putih. Upacara penurunan Bendera Merah Putih dilakukan dengan khidmat, dan dilanjutkan dengan Andhika Bhayangkari.

Setelah Upacara Parade Senja, acara dilanjutkan dengan defile. Presiden Prabowo memberikan penghormatan kepada defile pasukan upacara parade senja dan penurunan bendera. Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka serta jajaran Kabinet Merah Putih turut menyaksikan penampilan marching band Taruna Akademi Militer Genderang Suling Canka Lokananta.

Dalam memberikan penghormatan, Presiden didampingi Wakil Presiden, Menko Politik dan Keamanan, Menteri Pertahanan, Panglima TNI, Kapolri, KASAD, KASAL, dan KASAU langsung menuju tempat penghormatan defile untuk menyaksikan pertunjukan defile langkah perlahan yang dilakukan oleh pasukan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.

Presiden Prabowo Subianto selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Parade Senja dan penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pancasila, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10). (Foto: Humas Setkab/Agung)

#RetreatKabinetMerahPutih

Narasumber : Sekretariat Kabinet Republik Indonesia / [email protected]. Pewarta:KS/ABD/Dimas. Editor Red: Liesnaegha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan