Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 Lakukan Tradisi Adat Bakar Batu di Kec.Kurima, untuk ciptakan situasi Aman & Kondusif.

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | SENIN, 30 MEI 2O22.

YAHUKIMO | Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 adakan tradisi adat bakar batu di Kecamatan Kurima, untuk ciptakan situasi dan kondisi aman dan kondusif.Dalam tradisi bakar batu terdapat makna mendalam, yakni sebagai ungkapan syukur pada Tuhan dan simbol solidaritas yang kuat. Bakar batu merupakan ritual memasak bersama yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur kepada sang pemberi kehidupan.Senin(30/05/22).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara adat tradisi bakar batu Kasatgas Intel Operasi Damai Cartenz-2022 KBP Dulfi Muis,.SH,. SIK, di dampingi oleh Wakatgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono SIK, bpk Camat Kurima dan beberapa anggota Iptu Wilhelma Kuruj, Brig. Rahmat Novi an-nur, Brig. Nasrudin fahymmu, Brig. Arya Chandra, Brig. Tengku Raffi Absyah tergabung dalam tim program Koteka(Komunikasi Tokoh Elit Kamtibmas).

Kasatgas Intel Operasi Damai Cartenz-2022 KBP Dulfi Muis,.SH,. SIK, mengatakan Bakar batu adalah sebagai alat bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, menyambut kabar bahagia, atau mengumpulkan prajurit untuk berperang dan pesta setelah perang. Atau bahkan media perdamaian antarkelompok yang berperang.

Ritual ini juga sering dilakukan untuk menghimpun orang pada prosesi pembukaan ladang, kelahiran, kematian, berburu, membangun rumah, perkawinan, dan juga hal-hal lain yang mengharuskan mobilisasi massa dalam jumlah besar.

Upacara bakar batu juga merupakan simbol kesederhanaan masyarakat Papua. Muaranya ialah persamaan hak, keadilan, kebersamaan, kekompakan, kejujuran, ketulusan, dan keikhlasan yang membawa pada perdamaian. Bahkan di komunitas muslim Papua, misalnya, di daerah Walesi Jayawijaya dan komunitas muslim Papua daerah lain, dalam menyambut Ramadan,” kata Kasatgas.

NARASUMBER PEWARTA : DARMA PROJUSTITIA. EDITOR RED : LIESNA EGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan