Seluruh Guru di Kab. Bandung Barat Dituntut untuk Dapat Memanfaatkan Teknologi Digital

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | Minggu, 27 Maret 2022.


Ngamprah,Bandung Barat |Seluruh guru pada semua jenjang pendidikan, terutama guru di Kab. Bandung Barat harus terus memperkuat kemampuan diri dalam memanfaatkan teknologi digital. Kemampuan tersebut harus dimiliki karena pembelajaran saat ini telah menjadikan teknologi digital sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan.

Hal tersebut disampaikan Asep Dendih, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat kepala para peserta Webinar bertajuk Membangun Website Pembelajaran dengan Akun Belajar.id yang diselenggarakan oleh Bidang Kurikulum dan Bahasa Disdik Kab. Bandung Barat.


“Seluruh guru pada semua jenjang pendidikan di Kab. Bandung Barat harus terus memperkuat kemampuan diri dalam memanfaatkan teknologi digital” ungkap Asep Dendih, Kamis (24/03/22).


Selanjutnya disampaikan pula bahwa Dinas Pendidikan yang dipimpinnya akan terus berupaya memfasilitasi dinamika pemanfaatan teknologi digital dalam manajemen pembelajaran dan manajemen pengelolaan sekolah.

Upaya tersebut merupakan langkah yang dilakukan agar para guru dan sekolah di Kab. Bandung Barat tidak tertinggal oleh para guru dan sekolah di kabupaten/kota lainnya, terutama dalam pemanfaatan perangkat teknologi digital. Selain itu, upaya tersebut diarahkan agar seluruh siswa terbiasa dalam pemanfaatan perangkat teknologi digital dalam pembelajaran karena sebagian besar kehidupan mereka ke depan tidak terlepas dari pemanfaatannya.


“Dinas Pendidikan akan terus berupaya memfasilitasi pemanfaatan perangkat teknologi digital,” paparnya yang disambut gembira oleh seluruh peserta.
Dalam paparannya, Deni Cendrianto mengungkapkan bahwa akun belajar.id menjadi sarana yang memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Karena itu, seluruh guru, siswa, termasuk kepala sekolah harus mampu memanfaatkan akun belajar.id. Pemanfaatan akun belajar.id bagi para guru serta pembuatan website, menarik untuk proses pembelajaran, baik bagi siswa maupun guru sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan.

Tugas para guru untuk memberi kemudahan kepada para siswa dan mengenalkan mereka pada pemanfaatan perangkat teknologi digital.


”Pemanfaatan akun belajar.id bagi para guru serta pembuatan website akan dapat melahirkan pembelajaran yang menyenangkan,” papar Deni di depan 552 peserta kegiatan.


Sementara, Wika Karina Damayanti, Fungsional Pengembangan Bahasa Daerah yang menjadi ketua panitia kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan webinar yang diselenggarakannya menampilkan narasumber Dadang A. Sapardan, Plt. Kabid Kurbas dan Deni Cendrianto, Guru SMAN 1 Batujajar dengan dipandu oleh Fitri Juliastuti sebagai moderator.

Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi dan menjawab tantangan digitalisasi pada era revolusi industri 4.0 dalam bidang pendidikan sehingga para guru harus berfikir kreatif dan menciptakan inovasi dalam pembelajaran yang menarik.

Selain itu, sebagai SKPD yang bertanggung jawab pada ranah pendidikan, Dinas Pendidikan berupaya mendorong para guru di Kab. Bandung Barat agar dapat memanfaatkan fasilitas platform teknologi yang sudah disediakan oleh Kemendikbudristek.


“Para guru di Kab. Bandung Barat agar dapat memanfaatkan fasilitas platform teknologi yang sudah di sediakan oleh Kemendikbudristek,” ungkap Wika saat dimintai keterangan terkait kegiatan yang diselenggarakannya.

Narasumber Pewarta : DasARSS IiNews Jabar. Editor Red : Liesna Ega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan