Siswa – Siswi SMAN 1 PADALARANG, Kelas XI IPS IV Mengucapkan ” Selamat Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H Ta-2023″.

  • Whatsapp

INFOINDONESIA – BANDUNG BARAT, JABAR |Isra Miraj 2023 jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 atau 27 Rajab. Isra Miraj adalah salah satu peringatan hari penting keagamaan umat Islam di dunia, termasuk Indonesia. Peringatan hari Isra Miraj di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya.

Kisah Singkat Isra Miraj

Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan malam dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama dengan Malaikat Jibril. Peristiwa ini termasuk sebagai salah satu mukjizat Rasulullah SAW yang dikaruniakan kepadanya lantaran menjadi sebuah kemustahilan dilakukan oleh manusia saat ini.

“Isra Miraj bukan penerbangan biasa, antar negara, atau luar angkasa. Perjalanan Isra Miraj keluar dari dimensi ruang dan waktu yang biasa terjadi pada manusia,” kata Pakar Astronomis dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof Thomas Djamaluddin dikutip dari laman blog pribadinya.

Isra adalah perjalanan menembus ruang hingga Rasulullah dapat menempuh jarak Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Palestina dalam waktu singkat. Sementara, Miraj adalah perjalanan menuju Sidratul Muntaha.

Salah satu kejadian penting yang terjadi selama Rasulullah SAW melakukan Isra Miraj adalah turunnya syariat sholat lima waktu. Hal ini tertuang dalam Kitab Kitab Fadhail ash-Shahabah dalam hadits berikut,

هِيَ خَمْسٌ، وَهِيَ خَمْسُونَ، لاَ يُبَدَّلُ القَوْلُ لَدَيَّ”. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى، فَقَالَ: رَاجِعْ رَبَّكَ. فَقُلْتُ: اسْتَحْيَيْتُ مِنْ رَبِّي

Artinya: “Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tak akan lagi berubah keputusan-Ku.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, ‘Kembalilah menemui Rabbmu’. Kujawab, ‘Aku malu pada Rabbku’.” (HR Bukhari)

Berdasarkan hadits di atas juga diketahui bahwa mulanya perintah sholat wajib berjumlah 50 rakaat. Namun, Rasulullah SAW beberapa kali menghadap Allah SWT untuk meminta keringanan setelah mendengar saran dari Nabi Musa AS yang ditemui beliau selama perjalanan Isra Miraj.

Untuk itulah, peringatan Isra Miraj 2023 juga termasuk peringatan penting bagi muslim sebab hal itu bertepatan dengan turunnya perintah sholat kepada Nabi Muhammad SAW. Jadi, sudah paham ‘kan kapan Isra Mi’raj itu dan mengapa seluruh Umat Muslim di Dunia ini memperingatinya?

Inilah pesan Wali Kelas XI /IPS IV, SMAN 1 Padalarang bernama Ibu Susanti kepada Anak -anak Didiknya “janganlah pernah Kalian Semua meninggalkan Sholat,karena Sholat adalah Tiang Agama, yang akan membentengi Kalian Semuanya dan terhindar dari hal-hal Keburukan dan kejahatan ,”pesannya pada Siswa – siswi Didiknya.

Selanjutnya,Mari Kita bersama -sama mengucapkan:

SELAMAT MEMPERINGATI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1444H – TAHUN 2023, BAGI SELURUH UMAT MUSLIM DI SELURUH DUNIA,”

Tutup Walikelas Ibu Susan dan seluruh Siswa-siswi Kelas XI/ IPS IV, SMAN 1 PADALARANG. (Red)

Keterangan Foto: Walikelas Susanti bersama Anak Didik Siswa Kelas XI/IPS IV , SMAN 1 PADALARANG, BANDUNG BARAT.

NARASUMBER PEWARTA : RED. EDITOR RED : LIESNAEGA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan