Tak Kenal Lelah.., DISDUKCAPIL Hari Libur Tetap Semangat Perekaman KIA (Kartu Identitas Anak) di TPA Babul Khaer Kalumeme

  • Whatsapp

infoindonesiainews.com | MINGGU, 25 SEPTEMBER 2022.

BULUKUMBA |Sadar akan pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA) ,awak media ini mencoba berkomunikasi untuk konfirmasi dengan Muhammad Nur Ala, sebagai Ketua Lakpesdam PCNU Kab. Bulukumba.serta Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LKPSDM) . Sabtu, (24/09/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Ia bersama Serli Saputra yang juga dari
Lakpesdam PCNU Bulukumba menemui salahsatu tokoh agama Ustadz Andi Syatiruddin,yaitu Guru TPA Babul Khaer Kalumeme. Beliau merespon baik dan bersedia mengikut sertakan seluruh santrinya, bahkan ikut serta memfasilitasi kegiatan perekaman KIA yang di laksanakan di tempat beliau mengajar,”ungkapnya.

Kemudian awak media inipun menemui Mahmuddin, beliau adalah seorang Tokoh Ketua Rw 05 Gusung Kalumeme. Dan Rw 05 pun menjelaskan, bahwa Ia turut membantu sosialisasi kepada masyarakat, akan pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA),”ujarnya Tokoh Rw 05 tersebut.

Abd.Rafik Rahim, S.Ap.,sebagai Lurah Kalumeme tak luput untuk di temui oleh awak Media ini juga, dan saat di temui beliau sedang berada di ruangan kerjanya. Menurut Lurah Kalumeme,mengatakan bahwa” pihaknya pun ikut mensupport kegiatan ini ,namun sehubungan ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan,maka Saya tidak sempat hadir di tempat pelaksanaan kegiatan perekaman KIA tersebut,”ujarnya kepada awak media ini.

Disdukcapil bekerja sama dengan Forum Anak Panrita Lopi (FAPL) mengadakan edukasi dan sosialisasi perekaman KIA di Taman Pendidikan Alquran/TPA Babul Khaer , tempat dan lokasi sudah di sesuaikan dengan undangan , disini Lakpesdam NU hadir dalam rangka untuk pemenuhan Hak Identitas Anak di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu, Sabtu (24 September 2022).

Ibu Endang Muliani, selaku Seksi Inovesi Dukcapil,menyampaikan bahwa”Alhamdulillah yang terlayani berjumlah 92 anak,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu progres tersebut , hingga dapat terselenggara dan terlaksana,hingga perekaman tersebut dapat sesuai SOP yang berlaku.

“Terimakasih untuk Lurah Kalumeme dan Tokoh Rw Mahmudin, atas dukungannya, semoga apa yang Kita kerjakan dapat bernilai ibadah,”ucapnya.

Perekaman oleh Disdukcapil berlangsung hingga sore hari, KIA tersebut diharapkan dapat memberikan bantuan,serta mempermudah kepada Anak – anak terkait layanan-layanan penting yang Mereka butuhkan di suatuhari nanti.

Untuk fungsi Kartu Identitas Anak itu sendiri adalah untuk
menjamin dan mempermudah akses sarana umum hingga mencegah terjadinya perdagangan anak dan dapat menjadi bukti Identifikasi Diri saat Anak-anak  mengalami peristiwa buruk disaat darurat dll. Dan yang lebih penting adalah untuk mempermudah Anak-anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi,”pungkasnya menutup wawancara dengan awak media ini.

Narasumber Pewarta : Heril Lbd, IINews Bulukumba. Editor Red : Liesnaega.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan